Posted on

Cara Membuat dan Mengemas Oil Spill Kit

Cara Membuat dan Mengemas Oil Spill Kit

Apa itu spill kit ?

Spill kit adalah kumpulan beberapa barang yang digunakan ketika terjadi tumpahan, kebocoran, atau pembuangan oli/senyawa hidrokarbon lainnya. Spill kit dikembangkan agar ketika terjadi tumpahan dapat direspon dengan cepat dan pembersihan dapat dilakukan secara efektif.

Apa saja isi dari spill kit ?

Spill kit biasanya berisi dua atau tiga jenis peralatan. Pertama alat pelindung diri (APD) atau PPE (personal protective equipment). Kedua adalah peralatan yang digunakan untuk membersihkan tumpahan. Ketiga, di beberapa spill kit ada juga peralatan untuk menghentikan aliran tumpahan maupun kebocoran.

APD apa saja yang digunakan dalam oil spill kit ?

Isi spill kit bisa bervariasi, tergantung dari jenis materi tumpahan dan banyaknya tumpahan. Untuk saat ini kita hanya akan membahas tentang tumpahan oli/senyawa hidrokarbon. Kita akan berbicara tentang tumpahan kecil yaitu lima galon atau kurang, dan tumpahan besar yaitu lebih besar dari lima galon.

Spill kit ukuran kecil

Berisi setidaknya sarung tangan, absorben dan tempat untuk menampung serapan material tumpahan. Dapat juga ditambahkan sapu dan cikrak/pengki dan kantong plastik untuk membungkus. Semua itu dimasukkan dalam satu tempat berukuran 5 gallon. Tempat tersebut harus diberi label sehingga siapapun dapat dengan jelas mengidentifikasi bahwa itu adalah spill kit. Penutup harus dipasang secara rapat agar isinya tetap kering dan bersih namun bisa dibuka dengan mudah ketika akan digunakan.

Spill kit ukuran besar

Berisi barang seperti alat pelindung diri (APD) untuk satu atau dua orang tergantung banyaknya tumpahan. Tumpahan 20 galon atau lebih setidaknya membutuhkan dua orang untuk menanganinya. APD tersebut bisa berupa apparel, sarung tangan, kacamata safety atau goggle dan respirator. Selanjutnya tentukan tingkat bahaya dan apakah diperlukan perlengkapan lain (misal Helm atau sepatu bot) atau bantuan dari luar jika diperlukan.

Bayangkan skenario terburuk dan rencanakan dengan tepat, agar dapat membantu mengatasi masalah  dan menyiapkan barang sebelum terjadi hal yang tidak terduga. Penyumbat dan bahan tambalan mungkin diperlukan jika forklift secara tidak sengaja menusuk drum minyak. Absorben jumlah banyak dan bermacam ukuran harus tersedia untuk membersihkan tumpahan yang mungkin terjadi di tempat kerja anda.

Bagaimana cara mengemas spill kit ?

Spill kit ukuran kecil harus dikemas dengan sorben di tengah dan alat pelindung diri di bagian atas. Peralatan pertama yang akan digunakan adalah pelindung diri, jadi pastikan bisa terlihat dan bisa diambil secepat mungkin setelah kemasan spill kit dibuka.

Spill kit ukuran besar dikemas dengan cara yang sama, dengan APD di bagian paling atas. Karena ukuran wadah yang lebih besar beberapa pertimbangan mungkin diperlukan dalam pengemasan. Masukkan absorben pad dan sock sebelum APD, karena absorben diperlukan terlebih dahulu untuk menghentikan kebocoran ataupun aliran tumpahan setelah mengenakan APD. bantal penyerap (absorben pillow) dan perlengkapan lainnya dikemas di bagian bawah.

Jika anda tidak ingin repot atau bersusah payah dengan segala hal diatas, Graha Multisarana menawarkan paket Oil Spill kit dengan berbagai kemasan dan daya serap. Berikut ini beberapa pilihan paket oil spill kit:

  1. DEVALL Basic Pack Oil Spill Kit, kapasitas 3-10 galon
  2. DEVALL Fast Pack Oil Spill Kit, kapasitas 5-25 galon
  3. DEVALL Signage Pack Oil Spill Kit, kapasitas 7-11 galon
  4. DEVALL Chest Pack Oil Spill Kit, kapasitas 15-25 galon
  5. DEVALL Mobile Pack Oil Spill Kit, kapasitas 30-60 galon
Spread the love