Posted on

Bisnis yang Membutuhkan Spill Kit

Bisnis yang Membutuhkan Spill Kit
Sharing is caring ...

Spill kit adalah prasyarat untuk pekerjaan yang dimana ada resiko polusi atau tumpahan di suatu lokasi. Untuk membersihkan tumpahan dengan cepat, aman dan efisien, spill kit harus berisi semua barang yang diperlukan untuk meminimalkan paparan bahan berbahaya atau polutan. Tetapi kapan suatu bisnis membutuhkan spill kit dan apa saja hal lain yang perlu diketahui ?

Jenis spill kit apa yang dibutuhkan ?

Ada beberapa jenis spill kit yang tersedia yang cocok untuk jenis tumpahan tertentu, diantaranya :

  1. Universal Spill Kit
    Spill kit jenis ini didesain untuk water-base liquid (cairan yang berbasis air) dan serupa hidrokarbon. Spill kit ini menggunakan penyerap berwarna abu-abu untuk membersihkan cairan secara efektif.
  2. Oil Spill Kit
    Menggunakan penyerap berwarna putih, oil spill kit ini dirancang khusus untuk membersihkan tumpahan oli dan bensin maupun senyawa hidrokarbon lainnya. Penyerap ini bisa mengapung diatas air, membuat pembersihan senyawa hidrokarbon menjadi lebih efektif saat tumpahan bercampur dengan air.
  3. Chemical Spill Kit
    Seperti namanya spill kit ini dirancang hanya untuk digunakan pada bahan berbahaya, seperti asam korosif (corrosive acids) dan pelarut (solvent). Spill kit ini menggunakan penyerap berwarna kuning. Jenis spill kit yang dibutuhkan tergantung pada jenis bahan yang biasa digunakan pada tempat kerja. Untuk beberapa lingkungan kerja mungkin membutuhkan lebih dari satu jenis spill kit. Sebaiknya pastikan anda memilih spill kit yang dirancang khusus untuk bahan-bahan tertentu yang ada di lokasi kerja anda.

Hal yang harus di pertimbangkan
Hal yang harus di pertimbangkan selain dari jenis spill kit adalah memikirkan berapa banyak spill kit yang anda butuhkan. Lebih baik memiliki lebih banyak daripada terlalu sedikit. Dan mampu mengatasi banyak tumpahan juga sangat penting. Ukuran spill kit yang anda beli juga penting, pertimbangkan fakta bahwa tumpahan mungkin sebanyak satu tangki besar misalnya, dan anda harus bisa membersihkannya dengan aman dan cepat.

Pedoman spill kit
Selain memiliki spill kit yang cocok untuk lingkungan kerja, para pekerja yang mungkin menggunakannya harus diajari cara menggunakan spill kit dengan benar dan aman. Training penggunaan spill kit harus dilakukan kepada semua pekerja yang membutuhkannya, termasuk protokol untuk melaporkan tumpahan untuk menghindari insiden berulang, dan instruksi tentang cara mengisi kembali spill kit yang telah digunakan.

Pengecekan spill kit juga sangat penting, memastikan spill kit selalu tersedia dan berfungsi dengan baik, dan memastikan spill kit berada di area yang mudah dijangkau untuk memaksimalkan efisiensi jika terjadi tumpahan.

Jika bisnis anda beroperasi dengan potensi polutan atau tumpahan, bahan berbahaya, atau bahan yang dapat menyebabkan bahaya atau kerusakan saat tumpah, maka spill kit merupakan kebutuhan bagi bisnis anda.