Posted on

Manfaat Masker : 5 Rekomendasi Masker Untuk Kesehatan

Manfaat Masker : 5 Rekomendasi Masker Untuk Kesehatan

Manfaat Masker : 5 Rekomendasi Masker Untuk Kesehatan

Seberapa sering Anda mengenakan masker setiap harinya? Jika Anda sering beraktivitas diluar ruangan atau bagi Anda yang sering mengendarai kendaraan roda dua, sebaiknya gunakan masker agar terhindar dari polusi dan debu yang tersebar di udara.

Tidak hanya itu, masker juga bisa digunakan untuk meminimalisir tersebarnya virus. Artinya, beberapa jenis masker ada yang berfungsi sebagai pelindung kontaminasi polusi dari luar, dan beberapa ada yang berfungsi untuk meminimalisir penyebaran virus dan penyakit.

Dalam menggunakan masker, pastikan Anda tidak salah memilih. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda, karena berbeda masker berbeda pula fungsinya.

Ingin tahu apa saja jenis masker yang baik untuk kesehatan? Berikut penjelasannya :

  1. Masker Kain
    Masker kain ini biasa digunakan oleh para pengendara motor. Masker jenis ini banyak diminati karena motif dan warnanya yang bermacam-macam. Masker ini bisa dipakai oleh pria maupun wanita.

    Selain menarik karena memiliki beragam warna dan motif, kelebihan lain dari masker kain ini adalah cukup mampu untuk menangkal debu dan polusi yang tersebar di jalan raya karena biasanya masker jenis ini sangat tebal dan memiliki pori-pori yang rapat.

    Itulah sebabnya masker ini menjadi favorit bagi semua orang terutama kaum wanita karena lumayan efektif mampu melindungi sebagian wajah dari sengatan sinar matahari.

    Meskipun begitu, masker kain juga memiliki kekurangan. Beberapa orang berpendapat bahwa meskipun cukup efektif untuk menangkal debu dan polusi, masker kain ini terasa sangat panas dan gerah jika dipakai pada siang hari saat berkendara motor.Beberapa juga mengeluhkan tidak leluasa bernafas ketika menggunakan masker kain. Masker jenis ini juga mudah sekali kotor sehingga Anda harus rutin mencucinya.

  2. Masker 3 ply
    Masker jenis ini mudah kita jumpai dimana saja. Di apotek, mini market, bahkan pedagang warung kelontong menyediakan masker 3 ply untuk dijual karena memang banyak peminatnya.

    Meskipun masker 3 ply bisa digunakan kapanpun, namun sebenarnya masker 3 ply lebih tepat untuk mengurangi penyebaran virus dan penyakit. Misalnya saja ketika Anda sedang menderita flu atau batuk, masker 3 ply dapat dimanfaatkan sebagai penangkal agar virus tidak menyebar ke lingkungan sekitar.

    Masker 3 ply terdiri dari 3 lapisan sehingga cukup efektif juga untuk menangkal debu yang tersebar di udara. Selain itu, masker 3 ply dilengkapi dengan tali elastis yang nyaman dikaitkan di telinga maupun di belakang kepala bagi yang mengenakan hijab.

    Tidak seperti masker kain, masker 3 ply merupakan masker disposable yang artinya hanya digunakan 1 kali (replaceable) alias masker yang sama tidak boleh dipakai berulang-ulang.

  3. Masker N95
    Masker jenis N95 ini jauh lebih efektif menyaring partikel debu yang berukuran kecil dibawah 10 PM. Selain itu, masker N95 juga nyaman digunakan karena dilengkapi dengan nose foam pad yang dilapisi busa sehingga lembut dan menghindari pengembunan bagi para pengguna kacamata.

    Masih di bagian hidung, selain nyaman karena disertai dengan bantalan yang lembut, dudukan hidung juga dilengkapi dengan Aluminium Nose Wire kawat penjepit hidung dari bahan aluminium yang dapat disesuaikan mengikuti bentuk hidung pengguna.

    Namun sebelum memakainya, pastikan masker N95 pas di wajah Anda. Karena jika tidak sesuai dengan bentuk wajah, masker N95 tidak akan berfungsi dengan baik untuk menangkal debu.

    Tahukah Anda arti dari kode N95 itu sendiri ? N Series (Not resistant to oil) artinya tidak dapat digunakan di lingkungan atau atmosfer yang mengandung oil aerosol atau hanya dapat digunakan di lingkungan yang bebas dari partikel minyak.

    Sementara 95 yang dimaksud adalah Mampu menyaring partikel berbahaya hingga 95% (efisiensi lebih besar atau sama dengan 95%).

  4. Face piece Reusable Respirator (Masker Gas)
    Masker ini memang tidak populer untuk dipakai sehari-hari tetapi fungsinya sangat baik dibandingkan dengan 3 masker di atas. Masker ini mampu melindungi Anda dari gas dan uap yang beracun mematikan.

    Lalu kapan waktu yang tepat untuk menggunakan masker ini ? Masker ini bisa digunakan saat terjadi kebakaran bangunan maupun hutan.

    Tidak hanya itu, para pekerja pabrik pengelasan besi, chemical handling, dan painting juga menggunakannya untuk melindungi pernapasan mereka dari kontaminasi kimia yang dihasilkan dari aktivitas tersebut. Selain itu, face piece reusable respirator ini memungkinkan filternya untuk mudah diganti-ganti sesuai dengan kebutuhan Anda.

  5. Masker P95
    Sama seperti masker N95, masker P95 juga mampu menghalau partikel debu yang sangat kecil serta mampu menyaring partikel berbahaya hingga 95%. Tidak berbeda dengan masker N95, masker ini juga dirancang secara pas menutup wajah dan dilengkapi dengan alat yang efisien untuk menyaring partikel berbahaya di udara, bahkan partikel dengan ukuran kecil sekalipun.

    Jika digunakan dengan benar, respirator ini mampu menyaring partikel udara hingga 0,3 micron yang mungkin mengandung virus dan bakteri serta menjaga mulut dan hidung Anda.

Posted on

Menjaga Keselamatan Kerja di Area Kantor

Menjaga Keselamatan Kerja di Area Kantor

Menjaga Keselamatan Kerja di Area Kantor

* Orang Kantoran Wajib Baca

Jika Anda berpikiran kewajiban menjaga keselamatan hanyalah bagi orang yang bekerja di lapangan atau orang yang berhubungan dengan mesin-mesin produksi maka Anda salah.

Memang benar orang yang bekerja di lapangan harus lebih memperhatikan keselamatannya dan menggunakan alat-alat safety yang memadai dikarenakan medan dan situasinya yang lebih beresiko menyebabkan kecelakaan.

Namun tahukah Anda para pekerja kantoran juga juga harus waspada terhadap bahaya yang mungkin saja terjadi di lingkungan kantor. Bukan tidak mungkin jika didalam ruangan seperti di kantor bahaya kecelakaan kerja akan menimpa karyawan nya.

Jika menurut Anda pekerjaan Anda sudah cukup aman karena Anda hanya melakukan aktivitas di dalam ruangan saja, maka sekarang sebaiknya Anda jangan menganggap remeh hal kecil yang sebenarnya bisa membahayakan. Mulailah untuk lebih berhati-hati.

Berhati-hati disini bukan hanya mengenai kewaspadaan diri tetapi juga memperhatikan keadaan lingkungan sekitar.

Lalu, hal-hal apa saja yang mungkin luput atau jarang diperhatikan para pekerja kantoran di tempat kerjanya yang sebenarnya bisa menimbulkan bahaya bagi keselamatan diri?
Simak penjelasannya dibawah :

  1. Listrik
    Seperti yang kita tahu, aliran listrik sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Tanpa listrik kita tidak akan mungkin beraktivitas dengan lancar. Listrik sangat membantu kegiatan rumah tangga, transportasi, dan juga aktivitas di kantor.
    Di dalam area perkantoran tentunya terdapat berbagai peralatan listrik dengan volume penggunaan yang tinggi. Jika kita lalai dan kurang bijak dalam menggunakan listrik, hal-hal membahayakan seperti tersengat aliran listrik hingga bahaya kebakaran akan terjadi.
    Bijaklah dalam menggunakan listrik mulai dari hal yang sederhana seperti tidak menggunakan satu terminal listrik untuk berbagai alat elektronik. Mencabut peralatan saat tidak digunakan selain bisa menghemat energi listrik juga bisa mengurangi resiko kebakaran. Selain itu, jangan menempatkan kabel pada tempat yang sering dilalui seperti dibawah karpet atau di atas pintu.
  2. Slip, Trip, and Fall
    Hal yang satu ini jarang sekali diperhatikan oleh karyawan kantoran. Selain sebagai alas kaki, sepatu atau sandal juga bisa jadi alat safety sederhana bagi Anda yang bekerja di kantor.
    Jika Anda sering berjalan di dalam kantor, sebaiknya gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin terlebih jika Anda sering naik turun tangga. Selain mengurangi resiko terjatuh atau terpeleset, menggunakan alas kaki yang nyaman dan sesuai juga tidak akan mengganggu ruang gerak Anda sehingga Anda jadi lebih bisa leluasa berjalan.
  3. Tata Letak Barang
    Di dalam ruangan kantor tentu saja banyak tersimpan barang-barang yang masih terpakai dan yang sudah tidak terpakai.
    Pastikan penyimpanan barang-barang di kantor disusun dengan baik agar tidak melukai seseorang jika terjatuh. Misalnya saja jika Anda menyimpan map dokumen atau barang-barang yang berat di atas rak atau lemari pastikan agar posisinya rapi dan tidak akan terjatuh.
    Termasuk jika Anda ingin menyimpan kardus-kardus bekas elektronik misalnya, lebih baik simpan di bagian bawah lemari agar tidak terjatuh dan melukai seseorang.
  4. Penyusunan Arsip
    Sama halnya menyimpan barang-barang lainnya, penyimpanan arsip juga perlu memperhatikan sisi keselamatannya. Perhatikan cara penyusunan arsip agar rapi, mudah ditemukan, dan tidak membahayakan orang sekitar.
    Susun arsip di dalam rak atau lemari dengan teknik yang baik. Pastikan rak atau lemari tersebut tidak kelebihan beban karena bisa menyebabkan rak roboh dan melukai orang yang melewatinya.
    Susun lah arsip mulai dari bawah ke atas sehingga bagian bawah lemari lebih dahulu terisi dan beban berada di bagian bawah.
  5. Tangga khusus
    Barang-barang yang ada di kantor biasanya disimpan di bagian atas dan sulit di jangkau. Untuk Anda yang bekerja di bagian gudang terutama, sebaiknya jangan ceroboh dan tetap pikirkan keselamatan Anda.
    Jika Anda bermaksud untuk mengambil barang yang terletak di bagian atas rak yang sulit dijangkau, sebaiknya gunakan tangga lipat. Dibandingkan menggunakan kursi, tangga lipat dinilai lebih aman.
Posted on

Tips Mengurangi Resiko Kecelakaan Kerja di Area Pabrik

kecelakaan di area kerja

Semua jenis pekerjaan mempunyai peraturan yang ditetapkan dan harus ditaati oleh semua karyawan. Termasuk peraturan mengenai keselamatan atau safety. Terlebih jika Anda bekerja di pabrik.

Bekerja di sebuah pabrik tentunya memiliki resiko terjadinya kecelakaan kerja, mengingat terdapat bermacam-macam mesin produksi dan alat-alat berat lainnya. Lalu bagaimana cara untuk mengurangi resiko kecelakaan tersebut ? Berikut tips nya :

  1. Mengerti Kebijakan dan Ketentuan Perusahaan
    Setiap perusahaan diwajibkan oleh pemerintah memiliki peraturan dan kebijakan perusahaan dalam hal keselamatan kerja para pekerjanya. Pastikan Anda mengerti mengenai kebijakan dan peraturan-peraturan tersebut agar dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan.
    Jika ada peraturan yang kurang jelas atau Anda kurang mengerti ada baiknya segera menanyakan kepada atasan atau sesama teman yang sudah mengerti hingga detail. Sebab, kebijakan atau ketentuan tersebut dibuat oleh perusahaan untuk diterapkan seluruh anggota karyawannya untuk menjaga keselamatan bersama.
  2. Mengenali Tempat Kerja
    Coba lebih mengenali tempat kerja Anda lalu terapkan safety tips di tempat kerja. Mengenali sistem kerja alat-alat produksi di dalam pabrik juga resiko-resiko kecelakaan yang terjadi di tempat kerja sangat diperlukan untuk mengantisipasi kecelakaan.
    Pahami bagaimana cara kerja mesin-mesin atau alat-alat berat di lingkungan kerja Anda. Jika Anda tidak tahu mengenai hal itu, otomatis tingkat kesadaran dan kewaspadaan akan kecelakaan kerja akan kurang.Untuk itu perlu adanya pengenalan lingkungan kerja untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran akan safety tips
  3. Jangan Meremehkan Bahaya
    Bekerja di luar ruangan maupun di dalam ruangan pabrik sama-sama memiliki resiko. Perlengkapan safety yang disediakan oleh manajemen bukan hanya sekedar pajangan saja namun wajib digunakan oleh semua karyawannya.Jangan pernah merasa bahwa Anda berada di posisi paling aman. Resiko kecelakaan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Gunakan saja perlengkapan safety yang telah disediakan demi keselamatan Anda.
  4. Selalu Gunakan Perlengkapan Safety Sesuai Prosedur
    Jangan pernah mengabaikan pesan keselamatan “Safety First”. Pakailah perlengkapan keselamatan yang telah disediakan.Kecelakaan kerja bisa menimpa Anda kapan saja, dimana saja, dan mengenai bagian tubuh mana saja. Kenali resiko pekerjaan Anda dan gunakan perlengkapan safety yang sesuai mulai dari safety helmet hingga safety shoes.Jika Anda adalah seorang operator produksi di pabrik makanan, maka gunakan perlengkapan safety disposable seperti hairnet dan sarung tangan untuk menjaga kebersihan hasil produksi.

Demikian sedikit tips singkat untuk mengurangi resiko kecelakaan kerja di pabrik.

Suatu aturan dan prosedur keselamatan dari perusahaan bukan hanya sekedar bacaan saja tetapi juga harus dipatuhi dan dilaksanakan demi kebaikan dan keselamatan diri kita sendiri.

Posted on

Arti Warna-Warna Dari Helm Safety di Indonesia

Arti Warna Helm Safety

Arti Warna Helm Safety

Kepala manusia merupakan bagian tubuh yang krusial dan sangat penting karena didalamnya terdapat otak yang merupakan tempat menyimpan memori dan informasi serta organ yang mengendalikan organ lainnya. Untuk itu kepala perlu mendapatkan perlindungan ekstra terutama jika Anda Continue reading Arti Warna-Warna Dari Helm Safety di Indonesia