Posted on

Menjaga Keselamatan Kerja di Area Kantor

Menjaga Keselamatan Kerja di Area Kantor

Menjaga Keselamatan Kerja di Area Kantor

* Orang Kantoran Wajib Baca

Jika Anda berpikiran kewajiban menjaga keselamatan hanyalah bagi orang yang bekerja di lapangan atau orang yang berhubungan dengan mesin-mesin produksi maka Anda salah.

Memang benar orang yang bekerja di lapangan harus lebih memperhatikan keselamatannya dan menggunakan alat-alat safety yang memadai dikarenakan medan dan situasinya yang lebih beresiko menyebabkan kecelakaan.

Namun tahukah Anda para pekerja kantoran juga juga harus waspada terhadap bahaya yang mungkin saja terjadi di lingkungan kantor. Bukan tidak mungkin jika didalam ruangan seperti di kantor bahaya kecelakaan kerja akan menimpa karyawan nya.

Jika menurut Anda pekerjaan Anda sudah cukup aman karena Anda hanya melakukan aktivitas di dalam ruangan saja, maka sekarang sebaiknya Anda jangan menganggap remeh hal kecil yang sebenarnya bisa membahayakan. Mulailah untuk lebih berhati-hati.

Berhati-hati disini bukan hanya mengenai kewaspadaan diri tetapi juga memperhatikan keadaan lingkungan sekitar.

Lalu, hal-hal apa saja yang mungkin luput atau jarang diperhatikan para pekerja kantoran di tempat kerjanya yang sebenarnya bisa menimbulkan bahaya bagi keselamatan diri?
Simak penjelasannya dibawah :

  1. Listrik
    Seperti yang kita tahu, aliran listrik sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Tanpa listrik kita tidak akan mungkin beraktivitas dengan lancar. Listrik sangat membantu kegiatan rumah tangga, transportasi, dan juga aktivitas di kantor.
    Di dalam area perkantoran tentunya terdapat berbagai peralatan listrik dengan volume penggunaan yang tinggi. Jika kita lalai dan kurang bijak dalam menggunakan listrik, hal-hal membahayakan seperti tersengat aliran listrik hingga bahaya kebakaran akan terjadi.
    Bijaklah dalam menggunakan listrik mulai dari hal yang sederhana seperti tidak menggunakan satu terminal listrik untuk berbagai alat elektronik. Mencabut peralatan saat tidak digunakan selain bisa menghemat energi listrik juga bisa mengurangi resiko kebakaran. Selain itu, jangan menempatkan kabel pada tempat yang sering dilalui seperti dibawah karpet atau di atas pintu.
  2. Slip, Trip, and Fall
    Hal yang satu ini jarang sekali diperhatikan oleh karyawan kantoran. Selain sebagai alas kaki, sepatu atau sandal juga bisa jadi alat safety sederhana bagi Anda yang bekerja di kantor.
    Jika Anda sering berjalan di dalam kantor, sebaiknya gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin terlebih jika Anda sering naik turun tangga. Selain mengurangi resiko terjatuh atau terpeleset, menggunakan alas kaki yang nyaman dan sesuai juga tidak akan mengganggu ruang gerak Anda sehingga Anda jadi lebih bisa leluasa berjalan.
  3. Tata Letak Barang
    Di dalam ruangan kantor tentu saja banyak tersimpan barang-barang yang masih terpakai dan yang sudah tidak terpakai.
    Pastikan penyimpanan barang-barang di kantor disusun dengan baik agar tidak melukai seseorang jika terjatuh. Misalnya saja jika Anda menyimpan map dokumen atau barang-barang yang berat di atas rak atau lemari pastikan agar posisinya rapi dan tidak akan terjatuh.
    Termasuk jika Anda ingin menyimpan kardus-kardus bekas elektronik misalnya, lebih baik simpan di bagian bawah lemari agar tidak terjatuh dan melukai seseorang.
  4. Penyusunan Arsip
    Sama halnya menyimpan barang-barang lainnya, penyimpanan arsip juga perlu memperhatikan sisi keselamatannya. Perhatikan cara penyusunan arsip agar rapi, mudah ditemukan, dan tidak membahayakan orang sekitar.
    Susun arsip di dalam rak atau lemari dengan teknik yang baik. Pastikan rak atau lemari tersebut tidak kelebihan beban karena bisa menyebabkan rak roboh dan melukai orang yang melewatinya.
    Susun lah arsip mulai dari bawah ke atas sehingga bagian bawah lemari lebih dahulu terisi dan beban berada di bagian bawah.
  5. Tangga khusus
    Barang-barang yang ada di kantor biasanya disimpan di bagian atas dan sulit di jangkau. Untuk Anda yang bekerja di bagian gudang terutama, sebaiknya jangan ceroboh dan tetap pikirkan keselamatan Anda.
    Jika Anda bermaksud untuk mengambil barang yang terletak di bagian atas rak yang sulit dijangkau, sebaiknya gunakan tangga lipat. Dibandingkan menggunakan kursi, tangga lipat dinilai lebih aman.
Spread the love