Posted on

Tips Mengurangi Resiko Kecelakaan Kerja di Area Pabrik

kecelakaan di area kerja

Semua jenis pekerjaan mempunyai peraturan yang ditetapkan dan harus ditaati oleh semua karyawan. Termasuk peraturan mengenai keselamatan atau safety. Terlebih jika Anda bekerja di pabrik.

Bekerja di sebuah pabrik tentunya memiliki resiko terjadinya kecelakaan kerja, mengingat terdapat bermacam-macam mesin produksi dan alat-alat berat lainnya. Lalu bagaimana cara untuk mengurangi resiko kecelakaan tersebut ? Berikut tips nya :

  1. Mengerti Kebijakan dan Ketentuan Perusahaan
    Setiap perusahaan diwajibkan oleh pemerintah memiliki peraturan dan kebijakan perusahaan dalam hal keselamatan kerja para pekerjanya. Pastikan Anda mengerti mengenai kebijakan dan peraturan-peraturan tersebut agar dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan.
    Jika ada peraturan yang kurang jelas atau Anda kurang mengerti ada baiknya segera menanyakan kepada atasan atau sesama teman yang sudah mengerti hingga detail. Sebab, kebijakan atau ketentuan tersebut dibuat oleh perusahaan untuk diterapkan seluruh anggota karyawannya untuk menjaga keselamatan bersama.
  2. Mengenali Tempat Kerja
    Coba lebih mengenali tempat kerja Anda lalu terapkan safety tips di tempat kerja. Mengenali sistem kerja alat-alat produksi di dalam pabrik juga resiko-resiko kecelakaan yang terjadi di tempat kerja sangat diperlukan untuk mengantisipasi kecelakaan.
    Pahami bagaimana cara kerja mesin-mesin atau alat-alat berat di lingkungan kerja Anda. Jika Anda tidak tahu mengenai hal itu, otomatis tingkat kesadaran dan kewaspadaan akan kecelakaan kerja akan kurang.Untuk itu perlu adanya pengenalan lingkungan kerja untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran akan safety tips
  3. Jangan Meremehkan Bahaya
    Bekerja di luar ruangan maupun di dalam ruangan pabrik sama-sama memiliki resiko. Perlengkapan safety yang disediakan oleh manajemen bukan hanya sekedar pajangan saja namun wajib digunakan oleh semua karyawannya.Jangan pernah merasa bahwa Anda berada di posisi paling aman. Resiko kecelakaan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Gunakan saja perlengkapan safety yang telah disediakan demi keselamatan Anda.
  4. Selalu Gunakan Perlengkapan Safety Sesuai Prosedur
    Jangan pernah mengabaikan pesan keselamatan “Safety First”. Pakailah perlengkapan keselamatan yang telah disediakan.Kecelakaan kerja bisa menimpa Anda kapan saja, dimana saja, dan mengenai bagian tubuh mana saja. Kenali resiko pekerjaan Anda dan gunakan perlengkapan safety yang sesuai mulai dari safety helmet hingga safety shoes.Jika Anda adalah seorang operator produksi di pabrik makanan, maka gunakan perlengkapan safety disposable seperti hairnet dan sarung tangan untuk menjaga kebersihan hasil produksi.

Demikian sedikit tips singkat untuk mengurangi resiko kecelakaan kerja di pabrik.

Suatu aturan dan prosedur keselamatan dari perusahaan bukan hanya sekedar bacaan saja tetapi juga harus dipatuhi dan dilaksanakan demi kebaikan dan keselamatan diri kita sendiri.

Spread the love