Posted on

Manfaat Masker : 5 Rekomendasi Masker Untuk Kesehatan

Manfaat Masker : 5 Rekomendasi Masker Untuk Kesehatan

Manfaat Masker : 5 Rekomendasi Masker Untuk Kesehatan

Seberapa sering Anda mengenakan masker setiap harinya? Jika Anda sering beraktivitas diluar ruangan atau bagi Anda yang sering mengendarai kendaraan roda dua, sebaiknya gunakan masker agar terhindar dari polusi dan debu yang tersebar di udara.

Tidak hanya itu, masker juga bisa digunakan untuk meminimalisir tersebarnya virus. Artinya, beberapa jenis masker ada yang berfungsi sebagai pelindung kontaminasi polusi dari luar, dan beberapa ada yang berfungsi untuk meminimalisir penyebaran virus dan penyakit.

Dalam menggunakan masker, pastikan Anda tidak salah memilih. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda, karena berbeda masker berbeda pula fungsinya.

Ingin tahu apa saja jenis masker yang baik untuk kesehatan? Berikut penjelasannya :

  1. Masker Kain
    Masker kain ini biasa digunakan oleh para pengendara motor. Masker jenis ini banyak diminati karena motif dan warnanya yang bermacam-macam. Masker ini bisa dipakai oleh pria maupun wanita.

    Selain menarik karena memiliki beragam warna dan motif, kelebihan lain dari masker kain ini adalah cukup mampu untuk menangkal debu dan polusi yang tersebar di jalan raya karena biasanya masker jenis ini sangat tebal dan memiliki pori-pori yang rapat.

    Itulah sebabnya masker ini menjadi favorit bagi semua orang terutama kaum wanita karena lumayan efektif mampu melindungi sebagian wajah dari sengatan sinar matahari.

    Meskipun begitu, masker kain juga memiliki kekurangan. Beberapa orang berpendapat bahwa meskipun cukup efektif untuk menangkal debu dan polusi, masker kain ini terasa sangat panas dan gerah jika dipakai pada siang hari saat berkendara motor.Beberapa juga mengeluhkan tidak leluasa bernafas ketika menggunakan masker kain. Masker jenis ini juga mudah sekali kotor sehingga Anda harus rutin mencucinya.

  2. Masker 3 ply
    Masker jenis ini mudah kita jumpai dimana saja. Di apotek, mini market, bahkan pedagang warung kelontong menyediakan masker 3 ply untuk dijual karena memang banyak peminatnya.

    Meskipun masker 3 ply bisa digunakan kapanpun, namun sebenarnya masker 3 ply lebih tepat untuk mengurangi penyebaran virus dan penyakit. Misalnya saja ketika Anda sedang menderita flu atau batuk, masker 3 ply dapat dimanfaatkan sebagai penangkal agar virus tidak menyebar ke lingkungan sekitar.

    Masker 3 ply terdiri dari 3 lapisan sehingga cukup efektif juga untuk menangkal debu yang tersebar di udara. Selain itu, masker 3 ply dilengkapi dengan tali elastis yang nyaman dikaitkan di telinga maupun di belakang kepala bagi yang mengenakan hijab.

    Tidak seperti masker kain, masker 3 ply merupakan masker disposable yang artinya hanya digunakan 1 kali (replaceable) alias masker yang sama tidak boleh dipakai berulang-ulang.

  3. Masker N95
    Masker jenis N95 ini jauh lebih efektif menyaring partikel debu yang berukuran kecil dibawah 10 PM. Selain itu, masker N95 juga nyaman digunakan karena dilengkapi dengan nose foam pad yang dilapisi busa sehingga lembut dan menghindari pengembunan bagi para pengguna kacamata.

    Masih di bagian hidung, selain nyaman karena disertai dengan bantalan yang lembut, dudukan hidung juga dilengkapi dengan Aluminium Nose Wire kawat penjepit hidung dari bahan aluminium yang dapat disesuaikan mengikuti bentuk hidung pengguna.

    Namun sebelum memakainya, pastikan masker N95 pas di wajah Anda. Karena jika tidak sesuai dengan bentuk wajah, masker N95 tidak akan berfungsi dengan baik untuk menangkal debu.

    Tahukah Anda arti dari kode N95 itu sendiri ? N Series (Not resistant to oil) artinya tidak dapat digunakan di lingkungan atau atmosfer yang mengandung oil aerosol atau hanya dapat digunakan di lingkungan yang bebas dari partikel minyak.

    Sementara 95 yang dimaksud adalah Mampu menyaring partikel berbahaya hingga 95% (efisiensi lebih besar atau sama dengan 95%).

  4. Face piece Reusable Respirator (Masker Gas)
    Masker ini memang tidak populer untuk dipakai sehari-hari tetapi fungsinya sangat baik dibandingkan dengan 3 masker di atas. Masker ini mampu melindungi Anda dari gas dan uap yang beracun mematikan.

    Lalu kapan waktu yang tepat untuk menggunakan masker ini ? Masker ini bisa digunakan saat terjadi kebakaran bangunan maupun hutan.

    Tidak hanya itu, para pekerja pabrik pengelasan besi, chemical handling, dan painting juga menggunakannya untuk melindungi pernapasan mereka dari kontaminasi kimia yang dihasilkan dari aktivitas tersebut. Selain itu, face piece reusable respirator ini memungkinkan filternya untuk mudah diganti-ganti sesuai dengan kebutuhan Anda.

  5. Masker P95
    Sama seperti masker N95, masker P95 juga mampu menghalau partikel debu yang sangat kecil serta mampu menyaring partikel berbahaya hingga 95%. Tidak berbeda dengan masker N95, masker ini juga dirancang secara pas menutup wajah dan dilengkapi dengan alat yang efisien untuk menyaring partikel berbahaya di udara, bahkan partikel dengan ukuran kecil sekalipun.

    Jika digunakan dengan benar, respirator ini mampu menyaring partikel udara hingga 0,3 micron yang mungkin mengandung virus dan bakteri serta menjaga mulut dan hidung Anda.

Spread the love