Posted on

Arti Warna-Warna Dari Helm Safety di Indonesia

Arti Warna Helm Safety

Arti Warna Helm Safety

Kepala manusia merupakan bagian tubuh yang krusial dan sangat penting karena didalamnya terdapat otak yang merupakan tempat menyimpan memori dan informasi serta organ yang mengendalikan organ lainnya. Untuk itu kepala perlu mendapatkan perlindungan ekstra terutama jika Anda bekerja di tempat yang beresiko tinggi terkena benturan.

Untuk itu, jangan abaikan keselamatan Anda terutama jika Anda adalah seorang pekerja lapangan. Helm safety adalah salah satu alat perlindungan diri yang sangat penting dan wajib digunakan oleh para pekerja lapangan/pekerja proyek. Bekerja di lapangan tentu sangat membutuhkan proteksi yang tinggi mengingat resikonya yang dihadapi juga besar.

Awal mula penggunaan helm safety yaitu pada jaman dulu, para pekerja yang bekerja di galangan kapal menggunakan aspal kering atau yang sudah mengeras setelah dijemur dibawah terik matahari sebagai pelindung kepala agar kepala mereka tidak tertimpa benda-benda yang berada di atas geladak kapal yang sedang mereka bangun. Hingga akhirnya secara resmi helm safety pertama kali dikembangkan pada tahun 1912 oleh Worker’s Accident Insurance Institute Kerajaan Bohemia.

Jika Anda perhatikan, helm safety memiliki berbagai warna yang mencolok. Fungsinya adalah agar para pekerja yang memakainya mudah terlihat terutama jika ada kendaraan atau alat berat yang lewat sehingga tidak terlindas atau tertabrak. Selain itu, warna-warni yang mencolok pada helm safety juga memiliki arti tersendiri yang berkaitan dengan jabatan pekerja di proyek. Berikut adalah penjelasan arti warna helm safety :

  • Helm safety warna putih digunakan oleh manajer, pengawas, insinyur, dan mandor
  • Helm safety warna biru digunakan oleh electrical contractor dan site supervisor
  • Helm safety warna kuning digunakan oleh subcontractor maupun pekerja umum
  • Helm safety warna hijau digunakan oleh pengawas lingkungan
  • Helm safety warna merah muda digunakan oleh pekerja baru atau magang
  • Helm safety warna orange digunakan oleh tamu perusahaan
  • Helm safety warna merah digunakan oleh safety officer atau orang yang bertugas memeriksa sistem keselamatan

Pada dasarnya arti warna pada setiap helm safety tersebut tidak sama di setiap negara maupun proyek. Misalnya saja di proyek pertambangan minyak, helm safety berwarna kuning digunakan oleh divisi yang paling tinggi seperti operator department yang terdiri dari engineer dan tata ahli. Berbeda dengan di proyek konstruksi, helm safety berwarna kuning digunakan untuk pekerja yang golongannya paling rendah.

Dalam pemakaian helm safety pasti tidak terhindar dari kerusakan atau benturan. Helm safety yang mengalami kecacatan atau kerusakan sedikit saja harus segera diganti dengan helm safety yang baru untuk kepentingan keselamatan. Rata-rata umur penggunaan helm safety adalah 5 tahun tergantung pada bahan pembuat helm safety tersebut

Spread the love