Posted on

Tips Mudah Membersihkan Tumpahan Oli

Membersihkan Tumpahan Oli
Sharing is caring ...

Membersihkan tumpahan oli biasanya cukup merepotkan dan menjengkelkan. Cairan hidrokarbon tidak sama dengan air biasa. Diperlukan penanganan khusus dalam membersihkan nya. Oli bisa saja meninggalkan bekas dan mengotori lantai Anda, selain itu jika tidak segera dibersihkan dapat membuat lantai licin dan membahayakan orang yang ada di sekitar.
Salah satu contoh membersihkan tumpahan oli secara tradisional adalah dengan menggunakan pasir. Cara ini sering dipakai oleh beberapa orang karena dianggap cepat dan praktis serta murah.

Tapi tahukah Anda menggunakan pasir untuk membersihkan tumpahan minyak justru tidak efektif karena prosesnya memakan waktu lama dan tidak praktis. Selain proses penyerapan nya yang lama, setelah digunakan kita masih harus membersihkan sisa-sisa pasir tersebut. Lalu bagaimana jika oli yang tumpah itu berada di bagian dalam mesin ? Tidak mungkin kita menuangkan pasir ke dalam mesin untuk membersihkan nya. Menggunakan pasir atau serbuk gergaji untuk membersihkan tumpahan oli pada mesin justru berbahaya karena serbuk pasir bisa saja merusak mesin tersebut.

Lalu cara apakah yang paling efektif untuk membersihkan tumpahan minyak ? Mungkin sebagian dari Anda masih asing dengan Oil Spill Kit Absorbent. Oil Spill Kit Absorbent sering digunakan dalam dunia industri yang berfungsi untuk menyerap tumpahan minyak. Penggunaan Oil Spill Kit Absorbent dinilai lebih praktis dan cepat, terutama untuk tumpahan yang berkapasitas banyak. Dalam 1 paket oil spill kit biasanya terdapat beberapa jenis penyerap seperti pad<, pillow, dan sock.

1. Oil Spill Absorbent Pad

Devall Oil Absorbent Pad
Devall Oil Absorbent Pad

Penyerap jenis ini berbentuk lembaran berukuran 40 x 50 cm kapasitas penyerapannya bisa sampai 0,5 kg/lembar. Selain ramah lingkungan, oil spill absorbent pad juga tidak meningggalkan residu terutama pada proses pembersihan mesin sehingga lebih bersih dan tidak merusak mesin.

2. Oil Spill Absorbent Pillow

Alat Safety - Oil Absorbent Pillow
Sama seperti namanya, oil spill absorbent ini berbentuk seperti bantal. Karena bentuknya yang lebih tebal maka kapasitas penyerapan nya pun juga lebih besar hingga 4 liter cairan hidrokarbon (minyak).

3. Oil Spill Absorbent Sock

Alat Safety - Oil Absorbent Socks
Penyerap jenis ini mempunyai fungsi yang sama seperti Pad dan Pillow namun mempunyai bentuk yang unik berbentuk panjang dan lonjong. Oil Spill Absorbent Sock ini cara penggunaannya adalah dengan meletakkannya di sekitar area tumpahan sehingga cairan tidak semakin meluas.

Oil Spill Absorbent yang disebutkan di atas ketiganya terbuat dari material yang bersifat hydrophobic. Hydrophobic disini artinya bahan yang anti air atau menolak air. Sehingga Oil Spill Absorbent memungkinkan untuk digunakan di air karena hanya minyak/oli yang terserap.

Temukan beberapa produk Oil Spill Kit dan jenis Spill Kit lainnya di Graha Multisarana Mesindo