Posted on

Macam-Macam Jenis Spill Kit

Jenis Spill Kit
Sharing is caring ...

Spill Kit kedengarannya memang asing bagi masyarakat awam namun fungsinya sangat krusial di dunia perindustrian. Spill Kit memiliki berbagai macam jenis dengan fungsi yang berbeda-beda. Lalu apa sajakah jenis Spill Kit tersebut ? Berikut penjelasannya :

1. Oil Spill Kit

Alat Safety - Spill KitPernahkah Anda menjumpai atau bahkan Anda sendiri membersihkan tumpahan oli menggunakan pasir atau serbuk gergaji ? Cara tersebut merupakan cara tradisional yang tidak efisien. Menggunakan pasir atau serbuk gergaji untuk membersihkan tumpahan oli tentu saja memakan waktu lama dan sangat tidak praktis. Menggunakan Oil Spill Kit dinilai jauh lebih praktis dan mudah.

Dalam 1 bucket Oil Spill Kit mampu menyerap tumpahan oli hingga 45 liter bahkan lebih. Kemampuan menyerap nya pun cukup cepat sehingga tidak memakan banyak waktu dalam proses pembersihan. Dilengkapi dengan kemampuan hydrophobic, Oil Spill Kit bisa digunakan untuk menyerap oli yang tumpah di air. Dalam 1 bucket Oil Spill Kit tersedia juga 1 set PPE seperti sarung tangan, kacamata safety, dan respirator di sesuaikan dengan kapasitas penyerapan nya.

2. Chemical Spill Kit


DEVALL BASIC Chemical Spill Kit
Chemical spill kit biasa digunakan di laboratorium, sektor farmasi, ataupun medical. Spill kit jenis ini pada umumnya berwarna kuning, berbeda dengan oil spill kit yang berwarna putih. Sama seperti namanya, spill kit jenis ini digunakan untuk menyerap tumpahan cairan kimia.

Cairan kimia juga memerlukan penanganan khusus terutama jika cairan kimia tersebut tergolong kimia berbahaya yang mungkin saja bisa melukai bagian tubuh Anda. Untuk itu di dalam chemical spill kit selalu tersedia 1 set PPE (Personal Protection Equipment). Lalu apa saja isi satu set PPE tersebut ? Berikut penjelasannya:

  1. Baju pelindung yang berfungsi untuk melindungi bagian tubuh agar tidak terkena cairan kimia secara langsung.
  2. Safety Goggle berfungsi sebagai pelindung mata agar percikan cairan kimia tersebut tidak mengenai mata secara langsung.
  3. Respirator tentu saja sebagai penutup hidung karena beberapa cairan kimia ada yang berbahaya jika terhirup.
  4. Nitrile Glove juga mempunyai fungsi sebagai pelindung kulit namun hanya untuk bagian tangan. Karena biasanya penggunaan chemical spill kit langsung menggunakan tangan.

3. Universal Spill Kit


DEVALL Basic Pack Universal Spill Kit

Berbeda dengan oil dan chemical spill kit yang penggunaannya lebih spesifik, universal spill kit yang umumnya berwarna abu-abu ini bisa digunakan untuk menyerap berbagai tumpahan cairan termasuk air sehingga dinilai lebih praktis. Namun kekurangannya adalah karena universal spill kit ini mampu menyerap berbagai tumpahan, maka spill kit jenis ini tidak bisa digunakan untuk menyerap cairan hidrokarbon yang tumpah di air.

Air dan hidrokarbon akan diserap bersamaan oleh universal spill kit ini sehingga hasil penyerapan tidak maksimal. Sama dengan chemical spill kit, universal spill kit juga memiliki satu set PPE, namun beberapa ada yang tidak disertai dengan baju pelindung dan respirator.

4. Medical Spill Kit


Profesional Blood Medical Spill Kit
Sesuai dengan namanya, medical spill kit digunakan di area rumah sakit atau klinik kesehatan. Spill kit jenis ini digunakan untuk menyerap tumpahan cairan tubuh atau body fluids seperti darah, urin, dan juga cairan obat, maupun limbah cairan infeksius. Sangat penting menggunakan medical spill kit di area rumah sakit demi menjaga sterilisasi. Satu set PPE yang terapat pada spill kit ini juga lebih lengkap dan kompleks karena objek yang diserap merupakan cairan dari tubuh manusia sehingga di fungsikan untuk meminimalisir tertular nya penyakit.

Demikian adalah macam-macam spill kit yang sering digunakan dalam dunia industri maupun kesehatan. Gunakan spill kit sesuai dengan fungsinya. Pilih spill kit sesuai dengan kebutuhan Anda, karena beda spill kit beda pula fungsi dan kegunaannya.