Posted on

Mengenal Alat Teknik

Alat Teknik
Sharing is caring ...

Dalam dunia industri maupun perbengkelan, Alat teknik yang digunakan pasti menjadi suatu hal utama dan wajib ada serta sesuai dengan kebutuhan suatu industri itu sendiri.

Alat teknik yang digunakan dalam bidang industri maupun perbengkelan sangat banyak dan bermacam-macam jenisnya. Namun taukah Anda berdasarkan jenisnya alat teknik dibedakan menjadi 2, hand tools dan power tools. Bagi Anda yang masih awam mengenai 2 istilah ini, berikut adalah penjelasannya :

  1. Hand Tools adalah alat teknik yang digunakan dalam dunia industri maupun perbengkelan yang menggunakan tenaga manusia untuk pengoperasiannya. Sebagai contohnya adalah alat-alat yang mudah ditemui di sekitar kita seperti obeng, kunci inggris, tang, gergaji, kunci pas, palu, serta masih banyak yang lainnya. Alat teknik seperti ini mudah kita jumpai dimana saja. Tidak hanya di bengkel atau pabrik, bahkan di rumah pun kita bisa dengan mudah menemui alat teknik jenis ini.
  2. Power tools merupakan peralatan industri yang pemakaiannya menggunakan tenaga listrik maupun fluida. Dengan menggunakan power tools, para pekerja akan lebih mudah meyelesaikan pekerjaannya karena sudah pasti meringankan, hemat tenaga, dan lebih cepat. Beberapa alat teknik yang menggunakan tenaga listrik misalnya bor listrik, las listrik, kompresor, serta mesin gerinda. Alat teknik tersebut pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda serta dapat ditemui di mana saja. Sedangkan di industri tertentu dimana penggunaan power tool elektrik dilarang (industri perminyakan dan gas, pertambangan, pabrik amunisi dan industri lain yang membutuhkan tool yang anti ledakan (explosion proof)), tools dengan penggerak udara (pneumatic) sangat dibutuhkan, seperti mesin bor, mesin gerinda, mesin amplas, mesin obeng, vacuum cleaner dan lain-lain yang digerakkan oleh tenaga angin.

Kedua jenis alat diatas tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Hand tools pemakaiannya adalah manual tanpa listrik dan tanpa mesin, tentu dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan akan relatif lebih lama dan memerlukan tenaga, namun di sisi lain mereka memiliki kelebihan seperti bisa lebih detail saat mengerjakan pekerjaan secara manual. Power tools memiliki kelebihan lebih cepat dalam menyelesaikan pekerjaan karena mereka menggunakan tenaga mesin dan kita tidak perlu susah payah dalam mengoperasikannya. Meskipun memiliki kelebihan, power tools juga mempunyai kekurangan seperti misalnya jika listrik padam alat tersebut tidak bisa digunakan. Selain itu, untuk sebagian orang mungkin power tools ini relatif lebih sulit untuk mengatur detail penggunaannya dan juga perlu perawatan yang lebih dibandingkan dengan hand tools.

Jadi, mana yang lebih Anda pilih ?. Setiap orang pasti mempunyai pilihan masing-masing tergantung kenyamanan dan kebutuhannya, atau bahkan menggunakan keduanya karena alat-alat tersebut tentu saja bisa saling mendukung dan memudahkan pekerjaan Anda.