Posted on

Apa sih perbedaan antara sarung tangan Latex, Nithrile, dan Vinyl?

Sharing is caring ...

Sarung tangan disposable atau sarung tangan sekali pakai adalah  barang yang sangat penting di beberapa bidang, seperti kesehatan, produksi, dan bidang sejenisnya. Sarung tangan ini tidak hanya melindungi tenaga medis dan pasien dari bakteri  dan virus, akan tetapi juga menjaga agar barang produksi pada sebuah perusahaan tetap higenis, terutama pada industry yang mengolah barang untuk dikonsumsi seperti makanan dan obat obatan.

Sarung tangan disposable sendiri tidak hanya terbuat dari satu jenis bahan saja, melainkan ada beberapa jenis bahan yang sering digunakan dalam pembuatan sarung tangan tersebut antara lain: lateks, nitrile, dan vinyl. Disini kami ajan menjelaskan apa yang membuat sarung tangan tersebut berbeda antara satu dengan yang lainnya, dan tentu saja akan kami jelaskan sarung tangan mana yang paling cocok untuk anda.

Sarung tangan lateks/karet

Sudah bertaun – tahun lateks menjadi pilihan utama didunia medis, seperti yang dikatakan Darwin Brown yang seorang asisten dokter, ia berkata bahhwa sarung tangan lateks telah direkomendasikan pada tahun 1980 dan 1990 untuk menghindari penularan Virus HIV yang dapat ditularkan melalui darah. Namun seiring naiknya  popularitas sarung tangan lateks tersebut, mulai banyak juga yang mengalami  alergi terhadap lateks. Bagi mereka yang tidak punya  alergi terhadap lateks, sarung tangan ini nyaman digunakan dan juga harganya relatif lebih murah, selain itu sarung tangan ini lebih sensitif ketika digunakan untuk menyentuh barang.

Dengan fleksibilitas, proteksi, dan kenyamanan  yang tinggi, sarung tangan ini sangat cocok digunakan untuk medis selama penggunanya tidak mempunyai alergi terhadap lateks.

-Sangat pas seperti kita memiliki kulit kedua

-Sangat sensitif terhadap sentuhan

-Cocok digunakan untuk pemakaian yang lama

-Bekerja sangat baik untuk melindungi terhadap infeksi tingkat tinggi

-Harga relatif lebih murah

-Sangat elastis dan kuat

-Mudah terurai

 

 

Sarung tangan nitrile

Sarung tangan nitril hadir pada tahun 1990 sebagai alternatif dari sarung tangan lateks. Nitrile sendiri adalah karet sintetis, sehingga tidak menyebabkan alergi pada kulit. Selain tidak menyebabkan alergi sarung tangan ini juga lebih kuat dari  sarung tangan lateks dan sarung tangan vinyl, sehingga lebih kuat juga terhadap bahan kimia berbahaya dan bahan kimia yang bersifat korosif. Namun, sarung tangan dengan bahan dasar nitrile tidak selentur sarung tangan lateks.

- Bebas lateks

- Paling kuat terhadap tusukan

- Sangat sensitif terhadap sentuhan

- Pas ditangan

- Cocok digunakan untuk pemakaian yang lama

- Bekerja sangat baik untuk melindungi terhadap infeksi tingkat tinggi

- Tahan dari berbagai macam zat kimia

- Tahan lama

 

Sarung tangan vinyl

Sarung tangan vinyl terbuat dari  PVC, yang berasal dari minyak bumi. Keunggulan dari sarung tangan vinyl adalah harganya yang murah. Namun diantara ketiga sarung tangan tersebut, sarung tangan vinyl paling tidak tahan lama dan proteksi terhadap bahan kimia tidak sebagus sarung tangan lateks dan nitril.

Karena tingkat ketahanannya  yang rendah, sarung tangan berbahan vinyl tidak boleh digunakan pada bahan kimia berbahaya dan infeksifitas tinggi seperti yang dikatakan Health & Safety International.

- Bebas lateks

- Longgar ketika digunakan

- Baik untuk pemakaian jangka pendek

- Untuk pekerjaan dengan tingkat resiko rendah

- Harga paling murah

- Cocok digunakan untuk bahan kimia yang tidak berbahaya

 

 

 

Setelah mengetahui perbedaan yang tercantum diatas, pastinya kita tau mana sarung tangan yang cocok untuk kita gunakan. Dan apabila anda  ingin membelinya, kami juga menyediakan berbagai macam sarung tangan disposable, silahkan cek di etalase kami atau klik ->>  DISINI