Posted on

Laboratorium Spill Kit, Fungsi dan Cara Penggunaan

Laboratorium Spill Kita
Sharing is caring ...

Laboratorium Spill Kit adalah seperangkat alat yang diperuntukan untuk menanggulangi tumpahan khusus di Laboratorium. Laboratorium sebagai pusat kegiatan penelitian tidak terlepas dari resiko terjadinya kecelakaan seperti tertumpahnya carian-carian dan juga limbah, baik padat maupun cair. Resiko tersebut bisa jadi dikeranakan dari proses penelitian, eksperimen dan kegiatan yang ada.

Bila hal tersebut terjadi tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja. Hal ini tentu sangat tidak baik karena dikhawatirkan dapat mengakibatkan efek yang buruk pada pekerja di Laboratorium atau orang ayang ada di seketar dan juga bagi lingkungan.

Kesehatan dan keselamatan kerja di laboratorium merupakan hal yang utama. Diperlukan Alat Pelindung Diri (APD) dan juga peralatan yang diperuntukan untuk menanggulangi masalah yang ada, seperti bila ada tumpahan cairan kima atau cairan infeksius atau berbahaya.

Oleh karena itu Devall Pro mengeluarkan produk Devall Laboratorium Spill Kit yang khusus untuk menangani tumpahan bahan kimia di Laboratorium. Didalam kemasan Devall Laboratorium Spill Kit sudah dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD), serbuk penetral asam dan basa, pad chemical sebagai penyerap tumpahan bahan kimia.

Bila terjadi tumbahan, berikut cara penanggannya,

Pertama cari sumber ceceran, kenali jenis bahan/ material yang tumpah dan bacalah MSDS untuk cara penanganan darurat.

Kedua pakai semua Alat Pelindung Diri (APD) yang sudah tersedia dalam kemasan Devall Laboratorium Spill Kit.

Ketiga jika terdapat pecahan kaca atau sejenisnya, ambil dengan menggunakan pinset plastik dahulu. Selanjutnya gunakan lembaran pad ditempat ceceran terluar agar tidak meluas, pad chemical dapat diperas dan digunakan kembali hingga jenuh.

Keempat taburkan neutralizer pada area tumpahan, campurkan serbuk neutralizer dengan sapu/ peralatan lain, pastikan tercampur rata agar material ternetralisir, jika tumpahan basa gunakan base neutrallizer, jika tumpahan asam gunakan acid neutralizer.

Kelima gunakan wipers untuk membersihkan sisa- sisa tumpahan dan neutralizer hingga bersih.

Keenam masukan bekas penyerap, bekas Alat Pelindung Diri (APD), sarung tangan, hairnet, cover shoe dan masker kedalam kantong plastik yang telah disediakan dalam spill kit dan ikat dua kali dan beri label yang tersedia agar mudah untuk identifikasi, bersihkan peralatan lain yang digunakan sebelum disimpan dan digunakan kembali.

Terakhir pengguna produk ini wajib mengikuti peraturan tentang penanganan, penyimpanan dan pembuangan limbah diatur oleh undang- undang.

Konsultasikan dengan instansi yang berwenang atau personil yang memenuhi syarat untuk menangani pembuangan limbah ini.